Barbagi informasi tentang harga Handphone, resep masakan, tips kesehatan dan kecantikan, serta informasi lainnya.

Selasa, 22 September 2015

Cara Alami Mengolah Daging sapi dan Kambing Agar Empuk dan Lezat



Cara Alami Mengolah Daging sapi dan Kambing Agar Empuk dan Lezat--Alhamdulillah, kita dipertemukan lagi dengan hari raya Idul Adha. InsyaAllah semua keluarga dapat jatah daging kurban pada hari raya ini. Baik bagi yang berkurban maupun bagi yang berhak.

Namun sayangnya, tidak sedikit pula yang kesulitan menikmatinya dikarenakan tidak kuat untuk mengunyah karena faktor usia ataupun tekstur daging yang terlalu keras.

Solusinya adalah ...

Daging dilunakkan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak membahayakan bagi tubuh serta tidak mengubah cita rasa dari daging tersebut saat diolah menjadi masakan tertentu.

Bahan alami yang bisa dipakai adalah yang mengandung Enzim Proteolitik. Apapun jenis bahan tradisional yang mengandung enzim tersebut insyaAllah bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging.

Cara Alami Mengolah Daging sapi dan Kambing Agar Empuk dan Lezat
Karena fungsi dari Enzim Proteolitik adalah untuk mengurai protein menjadi molekul yang lebih kecil. Sehingga daging mentah yang telah diberi enzim tersebut memiliki kecenderungan tekstur yang lebih lunak.
Bahan alami dengan kandungan Enzim Proteolitik tersebut, antara lain :

1. Garam laut
Taburkan garam laut (bukan garam dapur) ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama satu jam, baru kemudian diolah. Garam akan membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging sehingga daging akan terasa lebih empuk.

2. Teh
Teh tak hanya punya berkhasiat untuk kesehatan saja, tapi juga untuk mengempukkan daging. Kandungan tanin di dalamnya berfungsi sebagai pengempuk alami. Buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan sampai agak dingin kemudian rendam daging (marinade) dalam air teh beberapa menit.

3. Jeruk atau cuka
Cairan yang memiliki kandungan asam bisa membantu melembutkan otot dan serat daging sekaligus menambah rasa. Gunakan saja jus  yang punya kandungan asam tinggi seperti lemon, jeruk nipis, atau nanas. Sedangkan untuk cuka, Anda bisa menggunakan aneka cuka seperti cuka apel, balsamic, atau cuka yang ada di dapur.

4. Saus tomat
Tomat juga mengandung asam yang cukup tinggi. Maka melumuri daging dengan saus tomat juga bisa membantu membuatnya empuk. Kandungan asam ini juga menjadi alasan utama mengapa tomat dijadikan sebagai saus BBQ dan dioleskan ke atas daging sebelum dibakar.

5. Jahe
Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Lumuri daging dengan jahe yang sudah diparut selama beberapa menit sebelum mengolahnya.

6. Kopi
Selain nikmat diminum, kopi juga menjadi bahan pelembut daging alami sekaligus memperkuat rasa daging. Untuk menggunakannya, panaskan satu gelas kopi kental, kemudian dinginkan dan gunakan untuk merendam daging. Rendam selama 24 jam sampai daging empuk baru diolah.

7. Mentega susu dan yogurt
Kedua bahan ini memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Produk ini juga mengandung kalsium yang bisa mengaktifkan enzim dalam daging untuk memecah protein.

8. Nanas, kiwi, dan pepaya
Buah-buahan ini mengandung enzim nabati yang mampu melarutkan protein dan jaringan ikat pada daging. Untuk mengempukkan daging, buah-buahan ini bisa dihaluskan atau dipotong tipis. Kemudian gunakan untuk melumuri daging dan diamkan beberapa jam sebelum dimasak.


Itulah tips Cara Alami Mengolah Daging sapi dan Kambing Agar Empuk dan Lezat, Semoga informasi diatas bermanfaat agar dapat menikmati berkah daging sapi atau kambing tanpa harus kesulitan saat mengunyah karena terlalu liat dan keras.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengolah Daging sapi dan Kambing Agar Empuk dan Lezat

0 komentar:

Posting Komentar